Rabu, 28 Maret 2012

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI URINE SAPI DENGAN CARA FERMENTASI


PENDAHULUAN

 Pupuk organik cair adalah larutan dari hasil pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan dan manusia yang mengandung unsur haranya lebih dari satu unsur. Kelebihan dari pupuk organik ini adalah dapat secara cepat mengatasi defesiensi hara, tidak bermasalah dalam pencucian hara dan mampu menyediakan hara secara cepat.Dibandingkan dengan pupuk cair anorganik, pupuk organik cair umumnya tidak merusak tanah dan tanaman walaupun digunakan sesering mengkin. Selain itu pupuk ini juga memiliki bahan pengikat sehingga larutan pupuk yang diberikan ke permukaan tanah bisa langsung digunakan oleh tanaman.

Dalam dunia pertanian ternyata urine sapi (air kencing sapi) sangat bermanfaat sekali bagi petani karena urine sapi mengandung berbagai unsur hara sehingga dapat digunakan sebagai pupuk cair. Sebelum digunakan sebagai pupuk pertanian urine sapi ini sebaiknya di fermentasi terlebih dahulu.Berikut ini alat dan bahan serta cara pembuatan pupuk organic :

ALAT :

Ember
Pengaduk
Saringan
Drum plastic

 BAHAN :

Urine sapi              10 liter
 Lengkuas              2 ons
Kunyit                   2 ons
Temu ireng            2 ons
Jahe                       2 ons
Kencur                   2 ons
Brotowali               2 ons
Tetes tebu               2 ons


CARA MEMBUAT :

1. Urine sapi (Bison benasus L) di tampung dan dimasukan ke dalam drum plastic

2. Lengkuas, kunyit, temu ireng, jahe, kencur, brotowali, ditumbuk sampai halus kemudian dimasukkan ke dalam drum plastik, maksud penambahan bahan-bahan ini untuk menghilangkan bau urine ternak dan memberikan rasa yang tidak disukai hama.

3. Setelah itu tetes tebu dimasukkan kedalam drum plastik, lalu dimasukkan starter Sacharomyces cereviceae. Tetes tebu dan starter Sacharomyces cereviceae ini berguna untuk fermentasi dan nantinya setelah jadi pupuk cair bisa menambah jumlah mikroba menguntungkan yang ada didalam tanaah.

4. Fermentasi urine didiamkan selama 14 hari dan diaduk setiap setiap hari.

5. Drum plastik ditutup dengan kain serbet atau kertas.

6. Setelah 14 hari pupuk cair sudah jadi kemudian disaring .



HASIL YANG DICAPAI

Setelah pembuatan pupuk cair selesai hasilnya bagus. Urine sapi (Bison benasus L) sebelum difermentasi warnanya coklat kekuning-kuningan, baunya masih berbau urine, tetapi setelah difermentasi warnanya berubah menjadi coklat kehitam-hitaman, dan sudah tidak berbau urine. Tanaman sayuran dan bunga yang telah diberi pupuk cair ini menjadi lebih subur, daunnuya kelihatan segar dan hijau serta ulat yang menghinggapinya hilang. Pupuk cair ini juga dapat meningkatkan keuntungan pertanian serta memberikan keuntungan bagi kita.


KESIMPULAN :

Manfaat :

• Zat perangsang pertumbuhan akar tanaman pada benih/bibit

• Sebagai Pupuk daun organik

• Dengan dicampur pestisida organik bisa membuka daun yang keriting akibat serangan thrip.

1 komentar:

  1. Free Spins - Lucky Club Live Casino
    Lucky Club offers players all the most exciting bonuses around, including a 100% bonus up to £300 plus luckyclub.live 150 free spins. Rating: 3.8 · ‎100 votes

    BalasHapus